Martabak Isi Alpukat dan Bayam

November 07, 2017


Alpukat, buah yang cukup terkenal di Indonesia yang dimana buah ini biasa di jadikan jus atau di makan langsung bersama susu cokelat. Alpukat juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita sendiri yaitu untuk sumber zat besi, menjaga tekanan darah, kaya serat dan menurunkan kadar kolesterol. Namun, hari ini saya mengolah alpukat dengan cara yang berbeda dari biasanya dan mungkin terdengar aneh dan sedikit melenceng dari rasa pada umumnya. Awalnya membuat panganan ini pun juga hanya iseng-iseng saja, kebetulan di kulkas saya terdapat alpukat dan sedikit daun bayam, ya daripada hanya ngejogrok di kulkas ada baiknya saya buat panganan yang bisa di santap bersamaan baik alpukat atau bayamnya. Aneh memang tapi kalau untuk rasa tidak sama sekali.
Oh ya, saya juga punya sedikit tips untuk kalian yang ingin membeli buah alpukat karena jika kamu salah memilih alpukat bisa-bisa malah dapat yang belum matang atau serasa pahit di mulut.
1. Pastikan agar biji alpukat tidak menempel di daging alpukat. Hal ini sangat penting karena jika biji alpukat bergoyang pas di goncangan itu berarti buah tersebut sudah matang. Selain itu buah yang matang juga akan terasa lebih ringan daripada buah yang belum matang.
2. Cara ke dua coba untuk cek bagian batang bawah alpukat jika masih ada batangnya cabut saja dan lihat bagian dalamnya apakah berwarna hijau, jika berwarna hijau itu tandanya sudah matang. Tapi jika berwarna cokelat artinya alpukat tersebut sudah terlalu matang.
3. Pastikan juga buah alpukatnya tidak  berwarna hijau cerah karena buah ini pasti belum matang. Pilihlah buah alpukat yang berwarna hijau keunguan karena pasti alpukat sudah matang.

A. Bahan-bahan untuk membuat adonan kulit:
100 gr tepung terigu
1 butir telur
250 gr susu cair
1 sdm margarin dilelehkan
¼ Sdt garam
Cara membuat adonan kulit ini sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan bahan-bahan adonannya ke wadah lalu kemudian aduk sampai benar-benar halus. Agar tepung tidak menggumpal usahakan tepungnya di saring dulu jadi kulit yang di hasilkan nanti tidak terdapat gumpalan tepung.

B. Bahan untuk membuat adonan isinya:
Minyak goreng
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Bayam (disini saya pakai 1 ikat bayam)

Cara membuatnya:
1. Panaskan minyak terlebih dahulu
2. Masukkan 2 siung bawang putih dan 1 siung bawang merah tunggu sampai agak layu
3. Lalu masukan bayam (disini bayam yang digunakan di potong-potong terlebih dahulu, sesuai selera saja)
4. Bumbui dengan garam secukupnya dan penyedap rasa.
5. Tumis sampai matang
Lalu sisihkan terlebih dahulu sebelum masuk ke proses menggoreng.

Setelah bahan A dan B jadi, bungkus adonan B dengan tumisan bayam dan potongan alpukat (bisa di hancurkan atau bisa juga di potong memanjang atau dadu, sesuai selera) setelah sudah di bungkus dan di lipat menyerupai martabak telur mini lalu goreng sampai kecokelatan dan tiriskan.

Oh ya untuk gorengan ini pun bisa di sajikan dengan cocolan sambal terasi atau saus.
Selamat mencoba semoga rasa baru yang saya buat dan bagikan ini tidak mengecewakan ya.


You Might Also Like

0 WRITE A COMMENT

Flickr Images